Custom TextView di Android Kotlin

Ketika menulis artikel ini teringat saya dengan react dimana semua komponen ui adalah react native component dan ditutorial kali ini saya mau membagikan pengalaman saya membuat custom TextView supaya semua textview di aplikasi seragam sesuai dengan mockup di XD tanpa harus menambahkan banyak properti.

Membuat Custom TextView memiliki tujuan membuat komponen ui yang sudah di custom sedemikian rupa sehingga bisa digunakan berulang kali. Contoh jika kita buat edittext yang sudah diedit sesuai dengan mockup maka umumnya mereka membuat edittext dengan banyak properti seperti background, padding dll. Bahkan kita bisa menambahkan properti sendiri tetapi akan saya ulas di lain kesempatan.

Sebenarnya ini berlaku semua Turunan View tapi dalam contoh kali ini saya mau memberikan contoh textview dengan custom font type seperti contoh dibawah ini.

Cara penulisannya adalah lengkap dengan package name seperti

Cara pengaksesanya sama seperti menggunakan TextView biasanya seperti contoh dibawah ini

Kesimpulannya dengan kita membuat Custom View apa saja maka kita tidak perlu mengulang membuat properti yang sama berkali - kali jika skala aplikasi kecil sih tidak apa-apa bayangkan jika harus mengganti satu persatu di ratusan view didalamnya dengan properti yang sangat banyak.

Terima kasih sudah mampir semoga artikel ini bermanfaat

--

--

Fullstack Mobile Developer | IoT Enthusiast | LamonganDev | https://sukowidodo.com

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store