Kotlin Multiplatform Sederhana dengan Clean Architecture

Kotlin Multiplatform atau disingkat KMM adalah SDK atau Software Development Kit untuk mobile development dengan bahasa pemrograman kotlin. Kotlin multi platform sendiri dapat cross-build aplikasi atau bahasa sederhananya bisa build untuk multi plaftrom mobile baik android maupun ios dengan satu source code saja dan dengan cara saling berbagi logika bisnis, koneksi ke server, akses database dan lain-lain. Tetapi untuk design ui atau presentasinya tetap menggunakan masing-masing ui kit dari masing-masing platform.

Dengan KMM kita dapat mengurangi waktu development hampir 60 persen. Dan untuk yang sudah pernah development menggunakan kotlin untuk learning curve-nya untuk belajar lebih mudah ketimbang harus belajar flutter maupun react native.

Berikut saya ingin membagikan contoh projek sederhana login apps clean architecture dengan kotlin multiplatform mobile. langsung cek saja di github saya.

Library yang saya gunakan dalam contoh diatas:

  • Ktor: HTTP request client yang support untuk kotlin multiplatform.
  • Serialization: Compiler otomatis yang akan merubah kode dari json menjadi object data class
  • Koin: dependensi injection pintar yang punya yang punya motto fokus ke apps jangan ke tool-nya, dimana koin memberikan simple tools untuk scaling aplikasi lebih baik.
  • Kotlinx.coroutines: Library coroutine yang support untuk kotlin multiplatform.

Dan untuk bagian presentation masing-masing platform saya menggunakan:

  • Android Jetpack Compose: Ui kit atau tools buat interface baru untuk android development dengan konsep yang lebih deklaratif.
  • Apple SwiftUi: Swift UI sendiri lebih dahulu dari jetpack compose yaitu UI kit baru dari apple design interface yang lebih deklaratif syntax tanpa perlu lagi pakai XML.

Semoga bermanfaat :))

source: https://www.zuehlke.com/en/insights/kotlin-multiplatform-mobile-simplifying-cross-platform-app-development

--

--

Fullstack Mobile Developer | IoT Enthusiast | LamonganDev | https://sukowidodo.com

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store